Tips Merawat Gigi Sensitif dan Ngilu

Gigi sensitif seringkali menjadi permasalahan karena hal ini bisa menjadi pantangan bagi Anda untuk mengkonsumsi makanan termasuk makanan kesukaan Anda. Hal ini dilakukan karena untuk menghindari rasa ngilu hebat yang datang tiba-tiba akibat gigi sensitif Anda. Akan tetapi ada beberapa tips untuk mengatasi masalah gigi sensitif ini. Berikut ini akan dipaparkan mengenai Tips  merawat gigi sensitif dan ngilu yang mungkin Anda derita.

Menggunakan pasta gigi khusus gigi sensitif
Menggunakan pasta gigi yang rancang secara khusus untuk penderita gigi sensitif adalah cara merawat gigi ngilu yang utama. Cara ini selain menjadi terapi khusus ternyata juga terbukti bisa mengurangi frekuensi timbulnya rasa ngilu secara signifikan bila dilakukan sesuai dengan anjuran. Patuhi aturan pakai pasta gigi sensitif yang ada pada kemasan. 

Gunakan sikat gigi dengan bulu lembut
Sikat gigi dengan bulu yang lembut adalah langkah kedua dalam merawat gigi sensitif dan ngilu. Dengan bulu sikat yang lembut akan mengurangi frekuensi ngilu pada gigi sensitif Anda. Alasan timbulnya ngilu kemungkinan disebabkan karena cara menggosok gigi yang salah sehingga menyakiti gigi itu sendiri. Tidak jarang orang yang menyikat gigi dengan cara yang salah akan merasa nyeri pada gigi dan gusi setelah menggosok gigi.

Tips Merawat Gigi Sensitif dan Ngilu

Mengkonsumsi buah apel
Dengan mengonsumsi buah apel mampu merangsang produksi air liur yang juga mempunyai pengaruh dalam terbentuknya rasa ngilu. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa produksi air liur yang kurang dan mulut kering bisa meningkatkan resiko nyeri dan meningkatnya tingkat sensitivitas gigi. 

Perawatan gigi yang benar untuk gigi sensitif juga berpengaruh pada tingkat kesembuhan si penderita gigi sensitif. Caranya bisa dengan mengetahui cara menggosok gigi yang benar. Mengurangi tekanan ketika menggosok gigi dengan gerakan menggosok yang berputar. Tekanan pada saat menggosok gigi bisa meningkatkan rasa ngilu gigi ketika bersentuhan dengan makanan.

Kurangi kebiasaan buruk menggertakkan gigi
Kebiasaan menggertakkan gigi atau menggigiti benda pada waktu senggang sangat berpengaruh buruk terlebih jika Anda yang mempunyai riwayat gigi sensitif. 

Kurangi konsumsi minuman bersoda
Minuman bersoda mampu mengeroposkan email sebagai bentuk perlindungan gigi. Selain itu, kurangi meminum minuman terlalu panas, dingin dan manis.

Berkonsultasi ke dokter gigi 

Dengan berkonsultasi ke dokter gigi Anda bisa memantau perkembangan status gigi sensitif Anda. Anda juga bisa menanyakan bagaimana perawatan yang tepat untuk gigi sensitif yang Anda miliki.

0 Response to Tips Merawat Gigi Sensitif dan Ngilu

Post a Comment