Tips Merawat Gigi dan Gusi pada Ibu Hamil


Masalah gigi bagi ibu hamil bukan merupakan hal yang baru. Mengalami kerusakan gigi seperti inflamasi gusi dan kekeroposan gigi adalah hal yang mungkin akan dialami oleh ibu hamil. Karena nutrisi dan kebutuhan tubuh lainnya harus bertambah dua kali lipat dengan adanya si calon bayi yang ada didalam kandungannya. Oleh karena itu, berikut akan dijelaskan beberapa Tips Merawat Gigi dan Gusi pada Ibu Hamil.

Menyikat gigi Secara Teratur
Dengan menyikat gigi secara teratur mungkin telah menjadi pengetahuan umum untuk kesehatan gigi. Namun masih ada yang meremehkan hal tersebut termasuk wanita hamil. Padahal dengan menyikat gigi secara teratur, hal ini akan memberikan bantuan untuk menjaga gusi dan gigi Anda dari bakteri jahat yang masuk pada mulut dan merusak gigi.

Periksa ke dokter gigi
Memeriksakan gigi secara rutin saat hamil adalah hal yang penting. Pergi ke dokter tidak hanya menkonsultasikan janin saja, tetapi Anda juga perlu memperhatikan kesehatan gigi dan gusi sebab akan berdampak setelah Anda melahirkan dan akan sulit untuk di kembalikan serta diobati lagi. Lakukan apa yang telah disarankan oleh dokter untuk merawat gigi dan gusi selama sedang hamil.


Bersihkan karang gigi setiap enam bulan
Membersihkan karang gigi di usia kehamilan ke-6 juga sangat penting. Secara rutin seharusnya Anda membersihkan karang gigi pada masa kehamilan ke-6 dan membiarkan gigi Anda untuk dibersihkan dari karang serta bakteri yang bersarang pada mulut anda.

Makan yang tepat
Anda juga perlu berhati-hati dalam mengonsumsi makanan. Makanan yang mengandung zat yang baik sangatlah penting. Selain itu jika Anda mual saat hamil, pilih makanan yang tidak merusak kesehatan gigi dan gusi anda.

Kunyah permen karet dan minum air
Air liur termasuk zat yang baik bagi kesehatan gigi dan gusi. Sehingga dengan mengunyah permen karet merupakan salah satu cara untuk memproduksi liur. Selain itu banyak mengonsumsi air putih juga baik bagi kesehatan gusi dan gigi Anda.

Demikian beberapa Tips Merawat Gigi dan Gusi pada Ibu Hamil yang bisa menjadi referensi untuk Anda. Semoga bermanfaat.









0 Response to Tips Merawat Gigi dan Gusi pada Ibu Hamil

Post a Comment