Tips Mengobati Sariawan Secara Alami

Sariawan yang biasa dialami oleh sebagian orang ini bisa diobati dengan ramuan tradisional ataupun juga bisa menggunakan obat-obatan kimia yang bisa Anda temukan di apotek.Untuk mengobati sariawan, kita bisa menggunakan bahan-bahan alami. Berikut ini akan dijelaskan mengenai tips mengobati sariawan secara alami.
  1. Air kelapa
Air kelapa ternyata mampu memberikan efek menenangkan pada sistem pencernaan dan dikenal karena sifat pendinginannya. Selain menghidrasi tubuh, air kelapa juga baik untuk menyembuhkan sariawan.
  1. Daun Jambu Biji
Daun jambu biji merupakan salah satu pengobatan rumah yang bisa membantu mengobati sariawan secara alami. Caranya yaitu dengan mengunyah beberapa lembar daun jambu biji kemudian berkumur.
  1. Pisang dan madu
Mengonsumsi pisang dan madu mampu menyembuhkan sariawan. Anda bahkan bisa menerapkan pasta ini pada ulkus untuk mengurangi peradangannya. Yaitu dengan cara menumbuk pisang dengan halus dan campurkan dengan madu. Lakukan secara rutin agar penyembuhan bisa berlangsung lebih cepat.

Tips Mengobati Sariawan Secara Alami
  1. Bawang Putih dan Pepaya
Dengan menempelkan bawang putih langsung pada luka sariawan bisa mempercepat proses penyembuhan. Selain itu, Anda juga bisa menempelkan pepaya atau kantong teh pada luka sariawan.
  1. Minyak kelapa
Minyak kelapa mempunyai sifat anti-bakteri. Anda dapat mencampurkan minyak kelapa dengan madu. Oleskan pada mulut yang sariawan. Lakukan sebanyak tiga kali sehari agar proses penyembuhan lebih cepat.
  1. Tomat
Buah-buahan yang mengandung vitamin C, salah satunya yaitu tomat yang bisa menyembuhkan sariawan. Megonsumsi tomat mentah atau jus tomat bisa Anda lakukan arena kandungan vitamin C di dalamnya yang cukup tinggi.
  1. Kunyit
Sebagian orang mengenal bahwa kunyit merupakan salah satu tanaman yang dipakai untuk memasak. Ternyata kunyit juga mampu mengobati sariawan. Ambil kunyit secukupnya, cuci bersih dan ditumbuk sampai halus. Campurkan kunyit yang telah ditumbuk dengan satu sendok teh gliserin. Oleskan pada luka sariawan Anda.
  1. Garam dan baking soda
Buatlah pasta dari campuran garam dan baking soda dengan menambahkan sedikit air. Oleskan pada ulkus (luka sariawan) dan tunggu selama 10 menit. Kemudian bilas menggunaan air dingin.
  1. Makanan Kaya zat Besi
Makanan yang kaya zat besi seperti sereal, ham, kalkun, brokoli, biji wijen, gandum dan telur mampu mengurangi sariawan serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Inilah artikel mengenai Tips Mengobati sariawan secara Alami. Semoga bermanfaat.


0 Response to Tips Mengobati Sariawan Secara Alami

Post a Comment