Menjaga Kebersihan Gigi Tips

Menjaga Kebersihan gigi akan berdampak pada kesehatan mulut. Dan masih banyak orang yang belum memperhatikan kesehatan mulutnya. Menjaga kesehatan mulut dan gigi bukan hanya dengan menggosok gigi secara teratur saja, tapi diimbangi dengan menjaga makanan dan vitamin yang terkandung di dalamnya yang berfungsi untuk menunjang kebersihan serta kesehatan gigi kita. Perubahan warna gigi juga dapat dipengaruhi oleh seiring meningkatnya usia kita, jadi jagalah kebersihan gigi anda sebelum terlambat. Nah, berikut ini beberapa tips-tips cara menjaga kesehatan dan kebersihan pada gigi.

Tips Menjaga Kebersihan Gigi
1. Makanan
Beberapa makanan dapat meninggalkan noda di gigi. Beberapa makanan lain juga diklaim dapat mencerahkan gigi, misalnya stroberi. stroberi mengandung zat pemutih gigi alami. Karena itu, stroberi cocok untuk membantu membersihkan gigi sehabis mengonsumsi kopi atau merokok. Untuk lebih membantu meminimalisir plak gigi, cobalah memakan apel, pir, wortel, atau seledri. Makanan ini akan memperbanyak produksi air liur yang baik bagi kebersihan gigi.

2. Jaga Keasaman Mulut
Kadar keasaman akan memengaruhi kesehatan gigi dan mulut Anda. Makanan yang dapat memengaruhi kadar keasaman di antaranya cokelat, alkohol, soda, kopi, teh, bawang merah, bawang putih, produk susu, tomat, jeruk, mint, serta makanan pedas dan berlemak. Usahakan untuk menghindari makanan-makanan berikut.

3. Rutin Mengganti Sikat Gigi
Agar gigi lebih sehat, gantilah sikat gigi Anda secara rutin setiap tiga atau empat bulan. Penggantian sikat gigi secara teratur akan membantu Anda menghindari kuman yang mungkin menempel di bulu sikat.

4. Flossing
Flossing adalah cara pembersihan sela gigi dengan menggunakan benang. Flossing akan mengeluarkan sisa makanan yang terjebak di sela gigi sehingga membantu penyikatan gigi menjadi lebih efektif. Saat menyikat gigi tiba, pastikan menyikat dengan sudut 45 derajat pada garis gusi dengan gerakan lembut.

5. Jaga Kelembapan Mulut
Mulut membutuhkan air liur agat tetap sehat. Namun, beberapa obat-obatan seperti antihistamin dapat mengeringkan air liur. Untuk membantu menjaga kelembapan gigi, tingkatkan asupan cairan dalam tubuh atau kunyahlah permen karet sehabis makan. Jika itu tidak membantu, konsultasikan ke dokter mengenai penggunaan produk air liur buatan.

Tips Menjaga Kebersihan Gigi
Itulah Tips - Tips Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut juga dapat mencerminkan kesehatan dan kebersihan pada tubuh kita seluruhnya, maka dari itu, jangan sia-siakan tubuh kita, jaga dan rawat baik-baik. Sekian, Terima kasih! 

1 Response to Menjaga Kebersihan Gigi Tips