Mencegah Plak Pada Gigi

Cara Mencegah Plak Pada Gigi
Tips Mencegah Plak pada Gigi. Mulut adalah jalan masuk bagi apapun yang memasuki tubuh, sehingga memungkinkan masuknya bakteri ke dalam tubuh melalui mulut.  Tanpa kita sadari, mulut kita dipenuhi oleh bakteri bakteri yang menyebabkan penyakit pada tubuh kita. Kebiasaaan tidak memperhatikan kesehatan gigi dan mulut akan menyebabkan bertambahnya bakteri di mulut. Bakteri bakteri jahat pada mulut akan berkembang biak dan berkumpul menjadi satu membentuk plak pada permukaan gigi jika tidak diperhatikan kebersihannya. Plak yang bercampur dengan karbohidrat akan membentuk asam pada permukaan gigi dan menyebabkan gigi menjadi berlubang. 

Pernahkah anda memikirkan hubungan antara gigi dan jantung, mungkin beberapa dari anda berpendapat bahwa kedua organ tubuh manusia tersebut tidak berhubungan. Namun, sebenarnya  penyakit jantung bisa disebabkan karena adanya gigi yang berlubang. Apabila gigi yang berlubang didiamkan dan tidak dirawat, bakteri penyebab penyakit akan memasuki pembuluh darah melalui gigi yang berlubang tersebut dan menyebabkan infeksi pada organ tubuh yang lain termasuk jantung.

Dampak penyakit gigi sangat luas, padahal cara pencegahannya mudah dan sederhana, kadang cara merawat gigi dianggap remeh, tetapi hal ini perlu dilakukan. Berikut ini adalah beberapa cara untuk merawat gigi agar tercegah dari plak dan penyakit.

Mencegah Plak Pada Gigi

  • Menyikat gigi secara teratur
  • Tentunya hal ini sudah biasa kita lakukan, minimal dua kali sehari, setelah makan pagi dan sebelum tidur. Jika memungkinkan, kita bisa menyikat gigi setiap selesai makan untuk gigi yang lebih sehat. Cara menggosok gigi pun juga harus diperhatikan, usahakan menggosok gigi bisa menjangkau seluruh permukaan gigi. 
  • Berkumur dengan  cairan pencuci mulut atau obat kumur atau anti bakteri secara rutin.
  • Kandungan alcohol pada cairan pencuci mulut dapat mensterilkan bakteri dan kandungan asam yang terdapat dalam mulut. Selain dengan menggunakan obat kumur, kita juga bisa menggunakan air rebusan daun sirih sebagai anti bakteri.
  • Meminimalisir mengkonsumsi makanan yang mengandung gula.
  • Sisa sisa dari makanan yang mengandung gula bisa melekat dan menyebabkan plak pada gigi.
  • Membatasi minuman yang mengandung gula tambahan
  • Kopi, teh, jus, anggur dan minuman lain yang mengandung gula tambahan akan menyebabkan asam pada gigi.
  • Mengkonsumsi makanan yang dapat menunjang kesehatan gigi, seperti sayur sayuran dan buah buahan yang mengandung mineral dan vitamin.
  • Apabila anda perokok, kurangi dan usahakan berhenti untuk merokok. Gangguan mulut dan kerusakan pada gigi  bisa disebabkan oleh tambakau pada rokok.
  • Melakukan kontrol gigi secara rutin ke dokter gigi, minimal 6 bulan sekali.

Demikian beberapa tips kesehatan cara mencegah gigi dari penyakit, mencegah lebih baik daripada mengobati bukan. 

1 Response to Mencegah Plak Pada Gigi