Tips Biang Keringat Gatal dan Perih

Musim kemarau merupakan musim yang paling baik untuk timbulnya biang keringat. Biasanya biang keringat disebabkan oleh tersumbatnya pori-pori di daerah tertentu,seperti bagian tubuh yang memiliki lipatan-lipatan (leher atau belakang telinga), punggung, dahi dan bahu.

Butiran-butiran keringat yang tersumbat akan mendesak kulit tempat bermuaranya saluran keringat, dan timbulah lepuhan-lepuhan halus di sekitar muara saluran keringat. Pada saat itu biasanya si kecil lebih cengeng dan lebih cepat tumbuh bintik-bintik di badannya.

biang-keringat-gatal-perih

Sebetulnya, tanpa obat pun biang keringat bisa hilang dengan sendirinya. Hanya saja, selama beberapa waktu akan timbul rasa gatal dan bintik-bintik merah pada kulit si kecil. Bila digaruk ,kulit akan terasa perih dan timbul iritasi.

Untuk mencegah terjadinya biang keringat, beberapa hal berikut bisa dilakukan.

Jagakebersihan
 Dalam sehari bayi bisa 15 kali buang air kecil dan 2 kali buang air besar. Bila biang keringat terdapat dibokongnya, bintik-bintik di daerah ini mudah teriritasi akibat pencemaran amoniak yang terdapat pada air seni. Bukan hanya itu, kadang ada juga bakteri yang menumpang tumbuh dikulit daerah tersebut. Misalnya bakteri E.coli. Agar biang keringat yang diderita anak tidak semakin parah, sebaiknya anda sering membersihkannya dengan air bersih, serta mengganti celananya setelah ia mengompol.

Selain itu, anda juga harus menjaga kebersihan organ tubuh lainnya yang rentan ditumbuhi biang keringat, yakni punggung , leher, dan sebagainya. Pada saat memandikan anak. bagian-bagian tubuh tersebut tidak luput dibersihkan dengan sabun. juga, bila ia berkeringat, bagian tubuh yang berkeringat tadi dikeringkan dengan handuk yang lembut.

Jangan biarkan pakaian basah
Suhu udara yang tinggi mengakibatkan anak sering berkeringat. Padahal, keringat yang berlebihan merupkan penyebab timbulnya biang keringat. itulah sebabnya jangan biarkan anak mengenakan baju yang terlalu tebal atau baju yang basah oleh keringt, serta jangan malas mengganti pakaian anak. Akan lebih baik bila pakaian yang dikenakannya terbuat dari katun. Sebab jenis bahan seperti ini mudah menyerap keringat.

Tips mengatasi dan menghilangkan biang keringat gatal dan perih

Biang keringat dapat hilang dengan sendirinya. Akan tetapi, rasa gatal dan perih yang ditimbulkannya tentu menjadikan bayi atau anak merasa tidak nyaman. Untuk mengurangi gatal dan perih di kulitnya, ada beberapa jenis zat yang dapat digunakan, tergantung bagaimana sifat biang keringat yang di derita anak. Biang keringat yang kering dapat diatasi dengan krem atau lotion. Sementara bintik-bintik merah dan bintik yang melepuh dapat diatasi dengan bedak atau salep yang mengandung oksida zink(seng).

Yang perlu diperhatikan adalah, sebelum bahan-bahan tersebut digunakan, pastikan kulit si kecil betul-betul dalam keadaan kering. Akan lebih baik lagi bila penggunaaan beberapa jenis zat itu atas petunjuk dokter anak anda.