Kenali Jenis dan Tanda-Tanda Hamil Anggur

Proses alam tidak selamanya berjalan mulus. Dalam kehamilan anggur misalnya bukan janin yang terbentuk di dalam rahim,melainkan jaringan yang berbentuk gelembung seperti buah anggur yang berisi cairan. bagaimana kehamilan seperti ini dapat terjadi?

jenis-dan-tanda-hamil-anggur

Sebetulnya hamil anggur dapat dibedakan menjadi dua jenis. Pertama, bila kehamilannya tidak benar-benar palsu, sel-sel yang terletak di bagian dalam dari bola tidak selalu terhenti total pertumbuhannya. Kadang-kadang , ada yang masih berbentuk janin,meski umumnya janin yang terbentuk  tidak normal, bahkan seringkali jauh dari normal. Misalnya yang berhasil dibentuk hanyalah bagian tubuh janin, tanpa kaki dan tangan serta bentuk kepalanya tidak proporsional.

Kehamilan seperti itu di kalangan kedokteran dikenal dengan sebutan mola parsialis atau partial mole. Umumnya janin yang terbentuk pada pola ini akan mati saat usia kehamilan memasuki bulan ke-2. Sangat jarang janinnya mampu bertahan hidup hingga mencapai ukuran cukup besar.

Jenis yang kedua adalah bila sama sekali tidak terbentuk janin. Kehamilan anggur ini termasuk jenis mola hidatisoda.

Kenali tanda-tanda hamil anggur

Seseorang yang menderita hamil anggur akan menunjukkan tanda-tanda kehamilan yang sama seperti kehamilan normal pada umumnya. Sebenarnya kelainan ini sudah dapat dideteksi sejak awal melalui pemeriksaan USG atau dengan melakukan pemeriksaaan perut secara teliti(misalnya dengan melakukan perabaan dalam).

Dengan pemeriksaan kehamilan biasa, hamil anggur akan sulit dideteksi,karena dari pemeriksaan terhadap urin ibu akan diperoleh hasil positif. Disamping itu, meskipun kehamilannya palsu, tubuh ibu tetap menghasilkan hormon-hormon kehamilan dalam kadar yang tinggi.

Selain dengan kedua cara diatas, hamil anggur juga bisa diketahui dengan melakukan pemeriksaan terhadap kandungan hormon HCG (Hormon Chorionic Gonadotoprin) di dalam air seni, rontgen atau dengan mendeteksi ada tidaknya denyut jantung janin.