Jenis Kebotakan Rambut

Alopecia alias kebotakan adalah masalah klasik manusia (terutama pria) sejak berabad-abad tahun lalu. Bila anda mengalami kebotakan, rambut yang bisa tumbuh di kepala hanya 100 ribu - 300 ribu saja, sementara jumlah rambut normal sekitar lima juta rambut pada orang dewasa. Ada tiga jenis kebotakan yaitu menyeluruh, setempat dan keturunan.

Diperkirakan, 90% kerontokan rambut pada pria disebabkan oleh faktor keturunan(hereditary alopecia) atau disebut juga pola kebotakan pria. Sementara dua jenis lainnya (kebotakan menyeluruh dan setempat) walaupun lebih jarang, namun tetap perlu diwaspadai.


Kebotakan Menyeluruh(generalized alopecia)
  • Merupakan bentuk kebotakan yang jarang terjadi. Biasanya rambut mengalami kerontokan dalam jumlah besar.
  • Rambut yang rontok dapat tumbuh kembali jika penyebabnya sudah diatasi
  • Faktor penyebabnya; stres fisik dan mental (misalnya;pembedahan, sakit dalam waktu lama, atau proses persalinan) dan berbagai jenis obat anti kanker yang menimbulkan kebotakan sementara.

Kebotakan Setempat(localized alopecia)
  • Keadaan ini mungkin disebabkan adanya kerusakan kulit yang permanen (misalnya; luka bakar atau terapi radiasi untuk penyakit kanker), gangguan pada akar rambut akibat pemkaian produk perawatan rambut secara berlebihan, atau trikotilomania — suatu jenis penyakit kejiwaan dimana penderitanya suka mencabut rambutnya sendiri.
  • Penyebab tersering dari kebotakan setempat yaitu alopecia areata  kebotakan terjadi pada sebagian kecil kulit kepala. Penyebab pasti tidak diketahui. Biasanya rambut akan tumbuh kembali secara normal dalam waktu beberapa bulan. tidak ada terapi khusus untuk mengatasinya.
Botak bawaan(hereditary alopecia)
  • Inilah induk dari semua jenis kebotakan . Disebut juga pola kebotakan pria (male pattern baldness/MPB).
  • Kebotakannya menyeluruh, kerontokan rambut akibat hormon androgen (androgenic hairloss) atau kerontokan rambut genetik(genetic hair loss).
Meskipun metode untuk memulihkan kebotakan masih belum belum ditemukan, ada beberapa cara yang dapat ilakukan, misalnya melalui pemberian obat luar seperti lotion, shampo atau vitamin rambut dengan dosis pemberian sehari sekali yang bermanfaat untuk menghambat kerusakan folikel-folikel rambut.

Demikianlah informasi mengenai jenis kebotakan rambut, semoga bermanfaat.