Cara Membuat Donat Empuk

Suka makan donat? Selalu membeli ya? Mengapa tidak mencoba untuk membuatnya sendiri? caranya gampang kok, biayanya juga murah dan jaminan lezat! ini ada resep khusus cara membuat donat empuk yang saya sudah coba sendiri.

donat-empuk-cara-membuat
ilustrasi donat empuk
Bahan:

  • Tepung terigu 1 kg (atau secukupnya)
  • Ragi 1 bungkus  (11 gram)
  • 7 sendok makan Gula
  • Garam 1 sdt
  • Susu Bubuk (Paling baik Cream jenis full krim) 1 cangkir
  • 6 sendok makan mentega 
  • 2 butir telur
  • Air secukupnya

Cara Memasak:

   1.Masukkan  ¾  gelas air  dicampur dengan 1 sendok  gula pasir dan 1 bungkus ragi  lalu aduk  rata hingga buihnya naik.

2. Masukkan tepung, gula pasir, garam halus, mentega, telur,  dan air ragi  tadi ke dalam tempat adonan.

3. Aduk adunan tersebut sambil menuangkan air sedikit demi sedikit sambil menguleni adunan hingga mengembang selama kira-kira 30 menit. Ciri adonan telah cukup mengembang  ialah apabila sudah tidak lengket di tangan anda.

cara-membuat-donat-yang-empuk
adonan sudah mengembang dan tidak lengket di tangan


4. Apabila telah selesai , tutup adonan tadi dengan kain dan letakkan pada tempat yang hangat supaya adonan donat empuk dan mengembang dengan cepat dan sempurna. Tanda adonan  telah mengembang  sempurna ialah apabila ukurannya  telah menjadi dua kali lipat  dari bentuk awalnya.

cara-membuat-donat-empuk-mengembang
adonan ditutup pakai kain biar empuk

5. Ambil adonan  yang telah mengembang  tersebut secukupnya  dan cetak dengan memakai  pencetak donat.

6. Goreng calon donat dengan minyak  yang  panas lebih kurang  3 atau 5 menit  sampai warna berubah jadi kuning kecoklatan.

7. Tiriskan  donat dan biarkan dulu sampai donat agak dingin dan empuk. Jangan mengoles donat dengan gula halus atau coklat saat masih panas, nanti gula atau coklatnya  akan mencair dan mengurangi keindahan donat yang sudah dibuat.

cara-membuat-donat-empuk-dan-enak
buat lingkaran donat menggunakan gelas
Bagi anda yang tidak punya alat pencetak donat bisa juga  menggunakan gelas sebagai pencetak. Caranya ialah masukkan gelas bersih dalam adonan sambil diputar dan ditekan hingga adonat berbentuk bulat layaknya donat yang biasa anda beli, untuk  Lubang di tengah donat itu bisa dibuat  dengan menggunakan ujung  botol supaya kelihatan bagus.Selamat membuat donat empuk.