Tanda-tanda Sakit Ginjal

Biasanya sakit ginjal hanya dapat dideteksi ketika seseorang dalam kondisi yang kritis. Kenapa ini bisa terjadi? Sebenarnya, ada gejala-gejala tertentu yang menunjukkan ginjal seseorang itu bermasalah, namun hal ini kurang dititik beratkan karena Tidak ada efek luar biasa yang terjadi.


Dibawah ini tanda-tanda sakit ginjal yang biasa terjadi:

Tekanan darah tinggi
Tekanan darah tinggi yang bersumber dari masalah ini adalah sama dengan tekanan darah tinggi yang bersumber dari penyakit lain. Ini menyebabkan sakit kepala, pusing, rabun dan telinga berdengung. Pemeriksaan tekanan darah secara berkala ataupun sering penting untuk memastikan tekanan darah berada di dalam kondisi normal. Banyak orang mengabaikan pemeriksaan ini disebabkan mereka tidak  menghiraukan gejala-gejala seperti di atas.

Sakit pinggang
Seringkali mengalami masalah sakit di bagian pinggang secara berkala ataupun berkelanjutan.

Buang air kecil terlalu banyak ataupun terlalu sedikit
Kuantitas air kemih orang normal adalah antara 1000ml - 2000ml setiap hari dengan rata-rata 1500ml setiap hari. Perlu diambil perhatian, jika seseorang sering buang air kecil terutama di waktu malam.

Pembengkakanpembengkakan  yang bersumber dari penyakit ini akan menunjukkan efek bengkak di sekitar mata dan wajah pada waktu pagi tapi waktu sore ia akan kembali normal. pembengkakan yang parah akan menyebabkan  sakit pada tumit kaki dan pinggang.

Hasil tes air kemih yang tak normal
Jika setelah menjalani pemeriksaan air kemih, ditemukan terdapat unsur protein dan glukosa di dalam air kemih, seseorang dianjurkan untuk menjalani pemeriksaan yang lebih lanjut.

Proses metabolisme di dalam tubuh terjadi setiap waktu. Melalui proses ini, tubuh akan menyerap semua nutrisi yang diperlukan maupun mengeluarkan racun yang tidak diperlukan. Ginjal berfungsi untuk membantu mengeluarkan sisa-sisa ini melalui pembuangan air kemih maupun keringat yang bertujuan menyeimbangkan cairan.

Menjalankan kebiasaan minum air putih dengan porsi yang banyak (8 gelas) setiap hari sebenarnya dapat membantu tubuh mengeluarkan sisa-sisa yang dihasilkan dari proses metabolisme, mengurangi toksin dalam tubuh maupun secara tidak langsung dapat menghindari serangan sakit ginjal.

Rentang proses metabolisme di dalam tubuh akan meningkat / lebih aktif jika kita sedang sakit, maka semakin bertambahlah bahan-bahan sisa maupun racun-racun dalam tubuh yang harus dikeluarkan. Karena itu, disarankan agar kita banyakkan mengkonsumsi air putih untuk memudahkan proses keluarnya racun tersebut.

Demikianlah beberapa ciri atau gejala sakit ginjal yang lazim ditemui, semoga anda tetap waspada dan lebih memperhatikan kadar gula darah agar terhindar dari penyakit ini.