Panduan Memilih Meja Belajar Anak

Belajar memang bisa dilakukan di mana saja, di meja tamu atau di meja makan. Tetapi, jika si kecil memiliki meja belajar sendiri, ia tentu akan lebih bersemangat belajar. Selain itu, buku dan alat-alat tulisnya juga mainan favoritnya, mempunyai tempat tersendiri sehingga mudah dicari.

Beli online atau langsung ke toko?

Desain dan warna meja belajar untuk anak-anak kini banyak ragamnya. Membeli  meja online maupun dengan langsung datang ke toko furniture, tinggal pilih saja. Jika Anda tertarik untuk membeli barang online,sebaiknya warna,model serta ukurannya benar-benar diperhitungkan. Jangan sampai warna yang anda pilih tidak sesuai dengan benda-benda lain yang ada di ruangan tersebut. Atau ukurannya terlalu besar dibandingkan dengan ukuran ruangan, sehingga meja tampak dominan. Lebih ideal lagi jika meja belajar ini dipesan khusus sesuai dengan keinginan anda. Ukuran,warna, model dan letak laci atau rak-raknya bisa Anda atur sesuai dengan tinggi tubuh anak.

Meja Belajar Anak

Perlu diperhatikan, pada saat pemesanan, Anda sebaiknya menjelaskan secara detil apa yang Anda kehendaki. Jangan malah Anda dikenakan biaya tambahan karena meja pesanan  harus diubah lagi, disesuaikan dengan keinginan Anda.

Tentukan tempatnya

Jika kamar tidur cukup luas dan meja belajar bisa diletakkan di dalam, sesuaikan ukurannya dengan besar ruangan, sehingga kehadirannya tidak memenuhi ruangan. tetapi jika kamar  tidak cukup luas, meja ini bisa Anda tempatkan disalah satu sudut ruang keluarga. Yang penting posisinya tidak terganggu oleh lalu lintas anggota keluarga lain di rumah, agar konsentrasi belajar si kecil tidak terpecah.

Cukup aman

Selain desain dan warna, faktor keamanan juga penting diperhatikan dalam memilih meja belajar. Meja dengan sudut-sudut runcing tentu kurang aman bagi si kecil yang cenderung aktif bergerak. Disamping itu,ukuran meja atau kursi yang terlalu tinggi, cukup berbahaya jika anak sampai terjatuh.

Begitu juga dengan cat. Cat yang baik dan tidak mudah terkelupas, selain aman bagi kesehatan dan tidak mengotori ruangan juga indah dipandang. Untuk penampilan yang berbeda, kini  banyak dijual meja belajar dengan tehnik pengecatan yang merupakan perpaduan antara duko dan cat tembok. Dengan pengamplasan pada tahap finishing, penampilan cat meja menjadi unik. Untuk warna pilih warna-warna cerah atau biarkan anak memilih warna kesukaan sendiri.

Selain melihat fungsinya,dalam memilih meja belajar untuk si kecil perhatikan juga keserasiannya dengan ruangan, warna-warninya dan keamanannya.