Apa sih Penyebab Rambut Uban?

Dengan bertambahnya usia, produksi dari sel-sel melanin(pigmen warna) mulai berhenti sehingga menyebabkan rambut beruban. Saat ini tidak ada cara ilmiah untuk mendeteksi ketika sel tertentu atau kelompok sel akan berhenti memproduksi melanin. Pada tahap dimulainya uban, melanosit masih ada tapi tidak aktif. Di kemudian hari, akan berkurang jumlahnya.

Proses alami beruban dapat dimulai pada awal remaja. Pada kebanyakan orang, hal ini pertama mulai kelihatan pada usia 30-an. Beberapa peneliti telah menunjukkan bahwa jenis kelamin juga memainkan peran. Rata-rata pria mulai menunjukkan uban sekitar usia 30, sementara wanita biasanya mulai memperlihatkan helai rambut putih sekitar usia 35.

penyebab uban

Apa saja penyebab rambut uban?

1. Rambut kita dibangun dari protein 90% dan karenanya membutuhkan pasokan seimbang dari dalam. Kekurangan Protein, Besi, Yodium, dan Tembaga dalam dosis harian juga bisa mempercepat datangnya rambut putih pada usia yang sangat muda.

2. Disamping itu, kebiasaan mencuci rambut setiap hari dengan shampo berbahan kimia disinyalir meningkatkan potensi berubannya rambut.

3. Rambut uban juga bisa menjadi hasil dari kondisi kesehatan. Jika Anda kekurangan vitamin B12 atau menderita ketidakseimbangan tiroid juga bisa menyebabkan hal itu.

4. Orang-orang yang terlampau stres di tempat kerja cenderung minum kopi dan teh, yang mengarah untuk meningkatkan kafein dalam tubuh. Ini adalah penyebab lain terjadinya uban. Selain itu kafein akan menurunkan rasa haus sehingga orang jadi jarang minum air dan mengurangi pasokan air dalam tubuh manusia.

5. Meskipun tidak ada korelasi antara stres dan rambut beruban, penelitian mencontohkan bahwa hormon stres dapat berdampak pada berkurangnya melanosit. Stres hormon yang diproduksi baik secara sistemik atau lokal oleh sel-sel dalam folikel bisa menghasilkan peradangan yang mendorong produksi radikal bebas. Radikal bebas dapat mempengaruhi produksi melanin atau menginduksi pemutihan melanin.

6. Selain itu seberapa cepat kita mendapatkan rambut beruban pun ditentukan oleh gen kita. Hal ini berarti bahwa sebagian besar kita akan mulai memiliki rambut uban pada usia yang sama dengan orang tua atau kakek-nenek kita alami pertama kali.

Ada banyak solusi alami yang bisa mencegah rambut beruban, penggunaan minyak kelapa mahfum dipakai untuk meningkatkan sirkulasi darah dan menghentikan pertumbuhan uban. Namun, ini mungkin memakan waktu yang sangat lama dan banyak usaha untuk mendapatkan hasil yang diinginkan. Pewarna rambut hanya bersifat sementara untuk solusi rambut beruban. Namun itu dapat merusak rambut Anda jika tidak tepat penggunanya, pada beberapa orang hal ini justru menyebabkan rambut menjadi rapuh dan rontok. Cara alternatif yang banyak digunakan adalah memakai pewarna rambut herbal yang diklaim 100% alami dan tidak berbahaya. Baik menggunakan kimia atau pewarna rambut herbal membutuhkan perawatan yang rutin.

Apa yang menyebabkan rambut beruban juga tergantung pada kondisi kesehatan seseorang. diet yang tidak tepat, stres & keturunan adalah penyebab utama rambut beruban.