Apa itu Kardio dan Manfaatnya

Menjadi bugar dan sehat adalah hal yang indah. Karena tubuh adalah aset yang paling berharga dalam hidup Anda. Jadi, sangatlah penting untuk merawatnya dengan baik . untuk  menjaga kesehatan, pilihan terbaik adalah dengan melakukan latihan kardio.

Apa itu latihan kardio?

Latihan ini  melibatkan kegiatan apapun yang memerlukan penggunaan otot besar tubuh secara rutin dan tidak terputus, mengangkat denyut jantung antara 60 hingga 85 persen dari denyut jantung pada keadaan normal.

Kardio dan ManfaatnyaBeberapa kegiatan kardio yang biasa dilakukan yaitu meliputi kegiatan berjalan, jogging, berlari, aerobik, bersepeda, berenang dan mendayung.

Apakah manfaat latihan kardio?

1. Memberikan Energi untuk Tubuh
Setelah  melakukan latihan kardio secara teratur.Anda dapat  merasakan adanya  energi dan daya tahan tubuh  yang lebih tinggi daripada sebelumnya.

2. Mencegah datangnya Penyakit
 Dengan latihan kardio secara teratur berarti anda  telah  mencegah penyakit jantung. Hal ini juga bermanfaat dalam mencegah berbagai penyakit lain seperti gula darah, obesitas dan kolesterol tinggi, selain itu ,latihan kardio akan memperkuat paru-paru dan
jantung.

3. Mengontrol Berat Badan Anda
Dengan latihan kardio, Anda dapat membakar kalori lebih banyak. sangat cocok bagi  orang yang perlu menurunkan berat badannya. Sementara mereka yang sudah mencapai massa tubuh ideal mereka, latihan  ini akan membuat lebih mudah untuk mengontrol berat badan. Latihan ini pun  membantu mengikis kalori. Namun hal ini umumnya tergantung pada berat badan Anda sekarang dan jenis latihan kardio apa yang anda lakukan . Lebih baik konsultasikan hal ini dengan dokter Anda atau pelatih kebugaran , untuk mengetahui jenis yang tepat dari latihan ini  untuk kebutuhan Anda.

4. Menurunkan Lemak Tubuh
Beberapa orang tidak memiliki masalah dengan bobot mereka. Namun, mungkin ada juga beberapa orang punya lemak berlebih yang terus mengganggu. Latihan kardio akan membantu dalam menyingkirkan lemak. Kegiatan melibatkan gerakan kelompok otot besar. Secara teratur melakukan pelatihan akan membuat Anda lebih ramping.

5. Terhindar dari Kebosanan
Latihan kardio sangat menyenangkan , Anda pasti akan merasa lebih berenergi dan merasa enjoy karena aliran darah lancar dan tubuh penuh energi.

Perhatikan juga hal-hal penting ketika Anda melakukan kardio:

- Pemanasan dan pendinginan
Sebelum menjalani latihan sangat dianjurkan melakukan pemanasan dulu untuk mengurangi resiko terjadinya cedera  begitu pula Setelah anda berlatih kardio,  lanjutkan untuk  kegiatan pendinginan . Ketika seseorang tiba-tiba berhenti berolahraga  darah berkumpul  dalam otot dan pernafasan terasa berhenti   . Ketika ini terjadi, seseorang beresiko terkena serangan jantung. Jadi pendinginan harus dilakukan setelah latihan.

- Durasi
Durasi adalah berapa lama Anda melakukan aktivitas  terus menerus dalam satu sesi. Idealnya,  antara 20 dan 60 menit per sesi. Namun, jika Anda seorang pemula, Anda bisa memulai dengan melakukan latihan lebih singkat, sekitar 10 menit pada suatu waktu. Setelah Anda terbiasa dan merasa  nyaman, Anda dapat meningkatkan jumlah waktu yang digunakan.

- Frekuensi
Bila belum terbiasa Anda dapat melakukan kardio 3-5 kali per minggu, kecuali jika Anda memiliki banyak lemak ditubuh  dan berniat melangsingkannya boleh ditambah jadi  5-7 kali per minggu.

- Konsumsi makanan berprotein
Hindari makan besar sebelum melakukan latihan kardio, untuk hasil terbaik konsumsi makanan berprotein secukupnya    seperti telur rebus sekitar 30 menit  sebelum berolahraga  sebagai bahan bakar bagi tubuh.

- Cuaca dan kondisi
Jika cuaca dan kondisi memungkinkan, ide yang bagus  untuk melakukan Kardio  di luar ruangan. Ini akan memberi Anda kesempatan untuk menghirup udara segar yang serta menikmati alam sekitarnya.

Jika Anda ingin manfaat penuh dari latihan kardio Anda harus tetap disiplin, fokus dan bertekad untuk menjaga kesehatan tubuh Anda.
Previous
Next Post »