Tips Mencegah Gangguan Diabetes Pada Kulit

Diabetes dapat menyebabkan banyak sekali masalah pada  kulit  antara lain seperti kekeringan, gatal-gatal, nyeri maupun infeksi. Anda dapat mengalami kulit kering di bagian wajah , tangan, siku, kaki atau di bagian mana saja pada tubuh Anda.

Perlu diketahui bahwa kadar glukosa yang tinggi memperburuk infeksi, Sekitar 33% penderita diabetes menderita gangguan kulit. Jika diketahui lebih awal, sebagian dapat diobati dengan cukup mudah, tetapi masalahnya  kadang-kadang  hal ini sulit untuk didiagnosa.

Mencegah Gangguan Diabetes Pada Kulit

Kerusakan saraf dapat menurunkan jumlah keringat. Keringat berfungsi membuat kulit lembab, sehingga penurunan kadar keringat menjadikan kulit kering. Jika Anda ingin mencegah gangguan kulit akibat diabetes , Anda harus perhatikan tips berikut.
  • Lakukan upaya untuk penurunan glukosa dan sampai pada tingkat normal. jagalah berat badan ideal, kurangi konsumsi garam, berolahraga dan lakukan diet yang tepat. Minum cukup cairan dapat membuat kulit sehat dan membantu untuk meningkatkan kelembaban.
  • Kenakan pakaian berbahan katun untuk memungkinkan sirkulasi udara yang memadai dari seluruh tubuh. Periksa apakah Anda memiliki kulit kering dan sakit yang dapat menyebabkan infeksi. Jika Anda memiliki masalah kulit, konsultasikan dengan dokter.
  • Jika Anda menderita neuropati, mungkin ada kerusakan syaraf  yang dapat menyebabkan berbagai masalah kulit seperti luka dan goresan. Periksa juga apakah Anda memiliki luka yang tidak kunjung sembuh. Luka seperti ini umumnya  di daerah seperti kaki , pergelangan kaki dan ruang antara jari-jari kaki.
  • Ada baiknya anda jangan mandi di kolam renang umum, karena kulit kita bereaksi terhadap kandungan klorin yang di kolam renang.
  • Reaksi alergi pada kulit dapat terjadi sebagai respon terhadap obat-obatan, seperti insulin atau pil diabetes. Anda perlu  konsul dengan dokter jika kulit anda mengalami reaksi terhadap obat.
  • perawatan  kulit secara rutin juga  penting untuk mencegah gangguan diabetes pada kulit. Jika kulit terlalu kering, dapat menyebabkan infeksi, retak dan gatal-gatal. lakukan mandi dengan air sedikit hangat. Gunakan sabun yang lembut untuk mencuci tubuh anda. Bilas dengan bersih . Hindari menggosok kulit saat mengeringkan badan. Periksa daerah tersembunyi seperti ketiak kaki serta jari-jari kaki. Oleskan pula pelembab atau krim segera setelah mandi.
  • Biasakan mencuci kaki setiap hari dengan air hangat. Hindari merendam kaki dan pastikan kaki tetap kering, termasuk di ruang-ruang antara jari-jari kaki. Jika Anda memiliki kulit kering, oleskan lotion pada kaki setelah pengeringan jangan oleskan lotion di daerah antara jari kaki.
Anda dapat mencegah gangguan diabetes pada kulit bilamana Anda mengetahui tentang penyebab masalah kulit  yang terjadi akibat diabetes. Yang Anda harus lakukan sejak awal adalah  konsultasikan dengan dokter dan gali info   mengenai beragam risiko komplikasi diabetes pada kulit  serta metode pengobatan yang terbaik.