Nutrisi Agar Balita Senantiasa Sehat

Pola hidup sehat sebaiknya sudah mulai anda terapkan kepada anak-anak sedini mungkin, bahkan sejak mereka balita. Dengan demikian secara tidak langsung anda telah membekali masa depannya.

Mulailah dengan mempersiapkan makanan bergizi yang dapat membantu proses tumbuh kembangnya. dan jangan lupa bahwa kita perlu mengkonsumsi makanan sehat agar badan kuat dan otak menjadi cerdas. Makanan sehat adalah makanan yang mengandung nilai gizi yang sesuai dengaan kebutuhan balita.

Tiga kelompok sumber nutrisi  utama yang diperlukan setiap balita:
  1. Zat tenaga, sebagai modal untuk beraktifitas. Makanan  sumber zat tenaga adalah yang mengandung karbohidrat dan lemak
  2. Zat pembangun, sebagai bahan pertumbuhan dan pemeliharaan sel-sel jaringan tubuh. Makanan yang mengadung zat pembangun adalah protein, baik hewani maupun nabati.
  3. Zat pengatur, sebagai pengatur penggunaan zat-zat nutrisi dalam tubuh. Yaitu larut dalam lemak; vitamin A,D,E dan K. Sedangkan vitamin larut dalam air; vitamin C dan kelompok vitaminB(B1,B2,biotin dan asam pantotenat) +Mineral; kalsium, fosfor, magnesium, natrium, kalium,klorida, zat besi, flour, dll.
Energi yang dihasilkan oleh ketiga zat tersebut memungkinkan balita Anda beraktifitas dan memeranghi segala penyakit. Namun jangan lupa selain gizi, limpahkan kasih sayang dan perhatian juga sangat diperlukan demi pertumbuhan dan perkembangan balita anda.