Tips Memulai Usaha Kost-Kostan

Bisnis kost-kostan mulai ramai digeluti oleh beberapa kalangan selebritis tanah air teperti Tukul arwana dan penyanyi dangdut Ayu tingting. Hal tersebut cukup bisa dimaklumi karena bisnis ini berpotensi menghasilkan pasif income yang lumayan menggiurkan bila dibanding investasi tanah kosong dan usaha sejenis tempat tinggal sewa.

Alasannya karena tempat tinggal kost tidak sekedar hanya jadi tempat tinggal, namun juga bisa di kombinasikan pula dengan berbagai layanan pendukung lainnya sesuai keinginan penyewa seperti catering dan laundry. Selain menerima pendapatan rutin setiap bulannya, sebagai bentuk klasik investasi jangka panjang, pemilik kost-kostan dapat menerima keuntungan dari terus bertambahnya nilai dan harga jual tanah itu sendiri.

bisnis-Kost-Kostan

Bila Anda mempunyai hunian kosong atau tempat cukup luas dan berlokasi di tempat strategis, layaknya berdekatan dengan sekolah, kampus pertokoan dan perkantoran , inilah saatnya bagi Anda untuk mempertimbangkan hunian Anda tersebut untuk disulap menjadi rumah kost atau kost-kostan yang bisa menghasilkan keuntungan bagi Anda dan keluarga.

Berikut ini beberapa Tips sederhana memulai usaha kost-kostan yang bisa anda pakai jika berniat terjun di bisnis ini.

1.Pastikan Anda mempunyai dana yang cukup untuk membangun rumah kost. Disamping itu biaya perawatan bangunan kost-kostan juga harus diperhitungkan dan dipersiapkan dengan cermat. 

2.Sebelum membangun kost-kostan , supaya tempat tinggal kost tidak di cap jadi bangunan liar. tentunya Anda perlu melengkapinya dengan administrasi perijinan seperti izin mendirikan bangunan. 3.Akses yang gampang dan luas ruangan yang mencukupi adalah salah satu faktor bagi pencari tempat kost dalam memilih tempat kost-kostan, usahakan rumah kost anda dekat dengan jalan umum yang dilalui angkutan umum dan memiliki luas ruangan yang memadai bagi penghuni kost. 

4.Sarana dan prasarana untuk penghuni kost, seperti sumber air,listrik, tempat parkir, ruang jemur dan sarana lainnya harus dipikirkan secara detail umpamanya lemari ,meja, tempat tidur, pendingin ruangan, kamar mandi dalam dan sebaginya sesuai dengan karakteristik penghuni kost untuk menunjang kelancaran aktivitas penghuni kost. 

5.Agar penghuni kost merasa kerasan dan tenang saat berada di rumah kost maupun saat meninggalkan rumah kost , layanan keamaanan perlu disiapkan untuk mengantisipasi kejadian yang tidak diinginkan seperti aksi pencurian atau hilangnya barang berharga milik penghuni kost, Anda dapat menggunakan jasa keamanan untuk menjadi penjaga kost atau berkoordinasi dengan pihak keamanan lingkungan setempat. 

6.Buatlah sebuah peraturan bagi penghuni kost Anda , seperti tata tertib mengenai jam malam atau jam bertamu/berkunjung bagi teman, ataupun keluarga penghuni kost terlebih bila penghuni kost Anda adalah para wanita. Hal ini untuk mencegah terjadinya hal yang tidak diinginkan yang berdampak pada nama baik rumah kost Anda. 

7.Selektif dalam menerima penghuni kost adalah satu cara menjaga keamanan dan kredibilitas rumah kost anda. Tanyakan identitas resmi calon penghuni kost anda, bila tidak memiliki identitas resmi anda berhak untuk menolaknya.
Demikian beberapa cara untuk memulai usaha kost-kostan yang mungkin bermanfaat bagi anda yang tertarik dan memilki rencana untuk menekuni bisnis kost-kostan.
Previous
Next Post »