Menjaga Postur Tubuh Nyaman dan Lentur

Anda mungkin ingin memiliki postur tubuh yang ideal bak seorang peragawati berlenggak-lenggok diatas catwalk, atau bila laki-laki ingin postur tubuhnya seperti Christiano Ronaldo. Ternyata syarat untuk mendapatkan postur badan yang baik bukan hanya latihan yang cukup namun juga menjaga pola hidup sehat, serta menjaga postur tubuh itu sendiri.

Postur tubuh yang buruk dapat menyebabkan berbagai perubahan pada tulang belakang itu sendiri, karena tulang belakang merupakan sebuah sistem dinamis yang tidak bisa dipaksakan kemampuannya, bahkan tak jarang tulang belakang dapat mengalami cedera akibat aktifitas tubuh yang berlebihan. Postur tubuh yang baik dapat mencegah efek negatif yang tidak menyehatkan serta menjaga tulang Anda dalam posisi yang benar pula, apabila tulang tersebut selalu dalam posisi yang benar maka tekanan pada tubuh Anda berkurang pada saat istirahat maupun beraktivitas.


Tips menjaga postur tubuh supaya tetap baik dan nyaman

1. Mengontrol berat badan
Dengan mengendalikan berat badan berarti mengurangi tekanan pada otot dan dapat menjaga postur tubuh tetap baik.

2. Berolahraga secara teratur
Olah tubuh seperti aerobik,yoga dan angkat beban, sangat penting untuk menyehatkan tulang punggung dan otot sekitar yang menyangganya. Otot-otot tersebut juga bisa mendapat manfaat menyehatkan dari kekuatan latihan tersebut.

3. Meningkatkan fleksibilitas
Fleksibilitas sangat diperlukan bagi postur tubuh, gerakan seperti peregangan saat berolahraga sangat dianjurkan agar tubuh tetap fleksibel.

4. Perhatikan posisi kursi saat duduk
Posisikan kursi agak tinggi sehingga bisa menjaga postur tubuh yang baik saat duduk, sesuaikan sandaran kursi agar dapat menyangga tulang punggung bagian bawah dengan tepat.

5. Cermati mekanisme tubuh:
  • Saat mengangkat barang selalu tekuk lutut Anda
  • Saat berdiri tegakkan kepala, kedua bahu selalu seimbang dan dagu sejajar dengan lantai.
  • Waktu duduk usahakan kepala dalam keadaan lurus dan tegak, tekuk lutut dan panggul dalam posisi 90 derajat dan jaga kaki tetap sejajar pada lantai, selalu jaga punggung bawah dalam kondisi menekan sandaran kursi.
  • Saat tidur posisi yang baik adalah berbaring pada punggung atau telentang, letakkan bantal dibawah kepala dan leher. Jika berbaring pada satu sisi perhatikan agar telinga, bahu, panggul, lutut dan pergelangan kaki tetap dalam garis yang lurus, letakkan bantal kecil antara lutut dan hindari terputarnya tulang punggung Anda sebisa mungkin.
Postur tubuh yang baik adalah postur yang nyaman dan tampak alami karena begitulah posisi tubuh yang normal. Semoga dengan tips diatas, postur tubuh Anda akan selalu dalam keadaan proporsional, nyaman  dan lentur.